Selasa, 06 Maret 2012

LIMBAH UNTUK WARGA PALESTINA

Masya Allah, Limbah Pemukiman Israel Dibuang ke Hunian Warga Palestina
Sistem pembuangan limbah di Gaza.

Masya Allah, Limbah Pemukiman Israel Dibuang ke Hunian Warga Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, NABLUS -- Instansi penanganan air limbah pemukiman Israel di dekat Salfit, Tepi Barat bagian utara, mengaliri air limbah pemukiman Israel tersebut ke kawasan pemukiman warga Palestina. Limpahan air limbah ini telah menyebabkan warga Palestina teracuni dengan munculnya penyakit serius.

Gubernur Salfit, Abu Bakar, mengatakan hal tersebut kepada pejabat Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina pada Selasa (6/3). Abu Bakar mengungkap situasi itu dalam konferensi lingkungan di Salfit dalam layanan Dinas Kesehatan di Salfit.
"Tak tertahankan warga Palestina di wilayah ini terkena kolera akibat kotoran ini," ungkapnya.

Tidak hanya limbah dari pemukiman saja, limbah pabrik Israel juga mengalir ke pemukiman warga Palestina. Limbah industri ini, jelas sang gubernur, juga mengancam pertanian warga Palestina di Salfit.

Di dekat Salfit, terdapat lembah Qana yang memiliki kompleks industri terbesar dari permukiman Israel di Tepi Barat. Dari sinilah limbah tersebut mengalir ke pemukiman warga Palestina.

Abu Bakar mengingatkan bahwa pembuangan limbah di 11 lokasi sekitar Salfit telah menyebabkan warga berpenyakit kanker di daerah tersebut. Dan hingga saat ini semua permukiman Israel yang dibangun di Tepi Barat dan Jerusalem Timur adalah ilegal. Ini berdasarkan hukum internasional yang tidak mengakui wilayah tersebut sebagai bagian dari Israel.
Redaktur: Didi Purwadi
Reporter: Amri Amrullah
Sumber: maannews.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar