Jumat, 18 November 2011

YAHUDI BERCADAR, HINDARI "ZINA MATA"

Untuk Hindari "Zina Mata" Yahudi Ortodoks Tutupi Muka Dengan Cadar


Ribuan orang Yahudi ultra-ortodoks di Israel mulai menutupi wajah mereka dengan cadar hitam untuk menghindari melihat sesuatu yang "tidak sopan" dari perempuan, menurut laporan berita.
Dalam beberapa hari terakhir, ribuan orang Yahudi fundamentalis meluncurkan kampanye dengan judul "Melindungi Mata" di rumah ibadat di kota Bnei Brak, timur Tel Aviv, lapor surat kabar harian Haaretz Israel hari Selasa lalu.
"Ini jauh melebihi fundamentalis Taliban di Afghanistan," tulis surat kabar Haaretz.
Penyelenggara kampanye mendistribusikan selebaran yang menyerukan kepada orang Yahudi untuk menutupi wajah mereka untuk menjaga mata mereka agar tetap suci dan menghindari melakukan dosa dengan melihat wanita.
"Ini adalah pengalaman yang luar biasa," tulis isi brosur itu. "Anda harus menutup mata Anda secara sukarela."
Ide menutupi wajah di mulai sebagai bagian dari persiapan untuk ziarah ke makam abad kesembilan belas rabbi Nachman Breslov di kota Ukraina Uman yang setiap tahun dikunjungi oleh 15.000-20.000 orang Yahudi.
Namun, kampanye ini diperpanjang kepada semua orang Yahudi dan menutup wajah sekarang dipromosikan sebagai cara terbaik untuk menghindari melihat wanita yang mengenakan pakaian tidak senonoh yang tidak mematuhi ajaran-ajaran Yudaisme Ortodoks.
Lebih dari 50 pesawat dengan penuh penumpang yang menutupi wajah mereka. Jumlah peziarah Israel tahun ini diperkirakan akan mencapai 18.000.
Sebelum kematiannya, rabi Nachman dari Breslov, yang mendirikan dinasti Breslov Hasidik dan diskreditkan untuk kebangkitan kembali gerakan Hasid, mengatakan kepada pengikutnya bahwa mereka harus bersama dia di Rosh Hashanah, yang dikenal sebagai Tahun Baru Yahudi.
Sejak kematian rabbi itu tahun 1810, ziarah tahunan disebut Rosh Hashana kibbutz telah menarik ribuan Hasidim dari seluruh dunia.(fq/aby)

(Copas: Voa-Islam )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar