Selasa, 20 November 2012

ARGENTINA DESAK ISRAEL AKHIRI SERANGAN KE DI GAZA


Argentinean President Cristina Fernandez de Kirchner
Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner

Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner mendesak Dewan Keamanan PBB (DK PBB) meminta Israel untuk mengakhiri agresinya terhadap Jalur Gaza yang diblokade.


Dalam surat, Kirchner mengatakan pada hari Senin bahwa "Saya menyerukan kepada orang-orang untuk mengekspresikan permintaan kami kepada Dewan Keamanan untuk segera  mengakhiri serangan Tel Aviv terhadap daerah pesisir (Gaza)."

"Sampai saat ini, lebih dari 100 warga tewas. Kepadatan penduduk di Jalur Gaza membuat warga ridak mungkin berlindung  jika serangan udara terus berlanjut. Sebuah invasi darat akan membawa konsekuensi bencana, seperti yang yang terjadi selama invasi Desember 2008," ia menambahkan, merujuk ke Israel bulan Desember 2008 - Januari 2009 Perang Gaza yang menewaskan lebih dari 1.400 warga Palestina.

"Unasur (Union of South Bangsa Amerika) wajib bertindak membela kehidupan manusia dan niat kita harus kredibel, dihapus dari kepentingan geopolitik dan ekonomi," kata Kirchner. "Negara-negara lain telah kehilangan kredibilitas selama bertahun-tahun sebagai konsekuensi dari tindakan mereka."

Sebanyak 110 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 900 lainnya terluka dalam serangan intensif Israel  terhadap pesisir sejak November 14.

Israel sering melakukan serangan udara dan serangan lainnya di Jalur Gaza. Mereka  mengatakan tindakan itu dilakukan untuk tujuan defensif. Namun, tindakan itu  melanggar hukum internasional, kekuatan yang tidak proporsional selalu digunakan dan mnenewaskan  warga sipil .(Abu Dzakir)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar