Rabu, 21 November 2012

MATA-MATA ISRAEL DISERET DAN DIEKSEKUSI


Sekelompok pria bersenjata dan bertopeng menembak mati enam orang yang diduga mata-mata Israel. Dihadapan publik, keenamnya dieksekusi di persimpangan Kota Gaza kawasan Raswan Seik, Kota Gaza, Selasa (20/11).


AP mengabarkan, lima mayat berlumuran darah terpapar di area eksekusi. Beberapa orang terlihat menginjak dan meludahi mayat-mayat tersebut. Sementara satu mayat lain diikat dengan tali dan diseret dengan sepeda motor.

Pengendara meneriakkan "Spy! Spy! (Mata-mata)" sembari menyeret mayat tersebut dengan sepeda motor. Dalam foto yang dirilis AP, belasan pemuda berkonvoi mengendarai delapan sepeda motor di jalanan Kota Gaza.

Salah satu motor menyeret mayat dengan mengikatkan kaki si mayat pada tali yang dikaitkan di bagian belakang motor. Tubuh mayat yang berlumuran darah pun terseret dengan kondisi terlentang

Kabar foto pembunuhan tersebut pun sontak menjadi sorotan utama beberapa media AS dengan menyatakan cara eksekusi pemuda tersebut merupakan gaya Hamas menuntut keadilan. "Ini adalah keadilan, gaya Hamas.

Preman haus teror kemarin menyeret tubuh seorang yang diduga mata-mata Israel melalui jalanan Kota Gaza setelah eksekusi," tulis halaman New York Post dalam keterangan foto dengan menyebut sumber foto dari Reuters.

Menurut saksi mata, Mokhmen Al-Gazhali (13 tahun), enam orang mata-mata dihukum mati satu per satu. Warga sekitar saat itu tengah berada di dalam rumah karena berlindung dari serangan Israel. Namun proses eksekusi mengumpulkan mereka karena warga ingin melihat apa yang tengah terjadi.

Salah seorang warga, Ashraf Maher (24 tahun) ikut berkerumun dalam eksekusi publik tersebut. Ia pun mengatakan para mata-mata Israel memang pantas dieksekusi dihadapan publik dengan maksud sebagai peringatan kepada orang lain agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

"Mereka memang harus tewas dengan cara yang brutal sehingga orang lain tidak berpikir untuk bekerja sama dengan penjajah (Israel)," tuturnya.

Pihak sayap militer Hamas, Izzedine Al-Qassam pun mengatakan, enam orang yang tewas telah memberi informasi kepada Israel terkait pejuang Hamas dan situs peluncuran roket. Namun Hamas tak menyatakan bertanggung jawab atas peristiwa eksekusi ataupun konvoi dalam foto.
Hamas juga tidak menjelaskan bukti dugaan mata-mata. Namun stasiun radio Hamas Al-Aqsa mengabarkan, enam orang tertembak mati tersebut tertangkap basah bekerja untuk Israel.
Israel telah meluncurkan ratusan serangan udara dengan menargetkan lokasi peluncuran roket, gudang senjata dan rumah para aktivis Hamas. Zionis Yahudi tersebut mengklaim serangan tersebut merupakan jawaban atas roket Hamas yang terus menghantam Israel dalam sepekan terakhir.
Redaktur: Ajeng Ritzki Pitakasari
Reporter: Afriza Hanifa



Tidak tersisanya lagi target serangan militer rezim Israel di Gaza memaksa mereka mengerahkan tim spionase untuk menentukan target baru. Namun demikian, gerakan perlawanan Palestina menyuplai Shabak dengan informasi-informasi salah dan berhasil mengelabui mereka.
Situs Fars News mengutip kantor berita al-Majed, Selasa (20/11), melaporkan rezim Israel di tahun-tahun pasca perang tidak mampu meng-update database target serangannya di Gaza. Namun, mereka juga mengklaim memiliki database terkait informasi akurat letak landasan peluncuran roket dan gudang persenjataan serta markas pemimpin gerakan perlawanan Palestina.

Salah seorang aparat keamanan Gaza, Abu Ibrahim, mengaku pernah diminta oleh agen rahasia Israel, Shabak, dan sejumlah mata-matanya untuk mengidentifikasi letak landasan peluncuran roket. Abu Ibrahim juga pernah diminta menunjukkan gudang-gudang senjata brigade perlawanan Palestina.

Salah satu percakapan seorang tentara Israel dengan mata-matanya berhasil direkam gerakan perlawanan Palestina. Isinya diketahui bahwa Shabak tidak mampu mengidentifikasi dengan akurat sasaran mereka di Gaza.

Abu Ibrahim mengatakan bahwa gerakan Shabak di Gaza tidak berhasil maksimal. Pasalnya, mata-mata mereka yang berhasil ditangkap pejuang Palestina terhitung banyak. Selain itu, gerakan perlawanan Palestina berhasil mengelabui mereka dengan informasi-informasi salah melalui sejumlah kanal khusus mereka di dalam agen spionase tersebut.

http://www.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar