Selasa, 29 November 2011

MENGENAL "MENORAH"

MENORAH DI DEPAN KNESSET

Menorah di depan Gedung Parlemen Israel



Menorah yang menjadi Lambang Negara Israel adalah kandil (kaki dian) bercabang 7,
yang dahulu diletakkan di Bait Allah Yahudi. Tidak diketahui secara pasti di mana keberadaan Menorah yang dulu diletakkan di Bait Allah karena sejak kota Jerusalem diratakan dengan tanah pada tahun 70 Masehi oleh Jenderal Titus, keberadaan Menorah tersebut tidak diketahui lagi sampai saat ini.

Menorah yang ada di depan Knesset ( Gedung Parlemen Israel ) dengan tinggi 5 meter ini merupakan hadiah kemerdekaan untuk negara Israel dari Partai Buruh di Inggris. Menora tersebut terbuat dari tembaga dan merupakan hasil karya dari seorang seniman Inggris bernama Benno Elkan. Pada tujuh cabangnya terdapat 29 ukiran timbul yang melukiskan sejarah bangsa Yahudi. Dari kiri ke kanan terdapat gambar-gambar sebagai berikut : 

Cabang Pertama

Yesaya memberikan sabda ilahi; Yokhanan Ben Zakkai mendirikan sebuah pusat keagamaan yang baru di Yabne; Orang Yahudi di Spanyol dan pembuangan ke Babilonia.

Cabang Kedua

Ezra; Ayub; Kitab Talmud; Kitab Kidung Agung.

Cabang Ketiga

Daud berperang melawan orang Filistin; pendaratan para pengungsi Yahudi; dan persembahan Abraham.

Cabang Keempat

Musa di Gunung Sinai; dua loh batu berisi  Sepuluh Perintah Allah; ; Rut; Yehezkiel; peristiwa Holocaust oleh Nazi Jerman yang memusnahkan 6 juta orang Yahudi; kata-kata "Dengarlah hai Israel" (Shma Yisrael), yang merupakan awal dari Syahadat Yahudi; dan para kolonis Israel.

Cabang Kelima

Simon Bar Kohba; harapan akan Mesias; pergulatan Yakob dengan Malaikat.

Cabang Keenam

Rabbi Hillel; Rabbi Hanina; Kabala; Halakha; dan peraturan keagamaan

Cabang Ketujuh

Yeremia; Perang Makabe; penyembahan Tuhan; dan Nehemia.


Adanya Menorah ini beserta gambar-gambar tersebut di depan Gedung Parlemen Israel akan selalu mengingatkan para anggota Parlemen mengenai sejarah yang dialami oleh Bangsa Yahudi mulai dari ribuan tahun yang lalu sampai saat sekarang, dengan demikian para anggota Parlemen diharapkan selalu berjuang demi kepentingan bangsa Israel itu sendiri.  (stellatours.com ) 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar