Minggu, 27 Januari 2013

KILL HIM SILENTLY, FILM MESHAAL BANGKIT DARI KEMATIAN

ZIONIS GO TO HELL --- Pada tanggal 25 September 1997, dinas rahasia Israel  Mossad mencoba untuk membunuh Khaled Meshaal, pemimpin politik Palestina dari gerakan Hamas.

Sebuah tim terdiri dari enam anggota telah tiba di ibukota Yordania, Amman, seminggu sebelum ditetapkan tanggal untuk pembunuhan kepala biro politik Hamas yang tinggal di pengasingan.

Para agen Israel telah masuk melalui Yordania melalui Internasional Queen Alia bandara dari Amsterdam, Toronto dan Paris menggunakan paspor Kanada palsu.
Diwawancarai dalam film, Meshaal mengatakan:…. “Ancaman Israel mulai pada musim panas bahwa Israel telah berusaha tetapi gagal untuk mencegah perjuangan Palestina , sehingga ancaman meningkat terutama terhadap para pemimpin Hamas di luar negeri. Dengan melihat ke sejarah kebelakang, mereka mengungkapkan apa rencana ancaman Israel. Tapi pada saat yang sama kami merasa relatif tenang sejak Israel tidak pernah melakukan operasi di Yordania.

Langkah Mossad untuk membunuh Meshaal datang setelah serangkaian bom bunuh diri yang dilakukan Hamas di Yerusalem dan Tel Aviv. Serangan telah meninggalkan lebih dari 20 warga Israel tewas dan ratusan luka-luka.

Israel marah dan Benyamin Netanyahu, perdana menteri Israel, menyerukan pertemuan darurat dengan petinggi keamanannya, termasuk Mossad.

Pada saat yang sama ada tumbuh rasa saling curiga di jantung hubungan Yordania-Israel . Dengan latar belakang ini, Netanyahu memberikan lampu hijau untuk operasi rahasia Mossad terhadap Meshaal.

Maka digunakanlah racun bereaksi lambat namun mematikan yang secara bertahap akan menutup pusat pernapasan otak, menyebabkan kematian. Rencananya adalah untuk menyemprotkan racun ke telinga Meshaal , tanpa meninggalkan jejak jelas dari senjata apapun, dan menyebabkan kematian dalam waktu 48 jam.

Salah satu pengawal Meshaal, Muhammad Abu Saif, telah mengejar dua agen Mossad yang telah melakukan operasi itu, dengan bantuan seorang perwira Tentara Pembebasan Palestina yang sedang lewat, kejar kejaran tersebut berakhir dengan tertangkapnya para agen Mossad tersebut.

Pembunuhan yang gagal terbukti menjadi salah satu kasus terbesar dalam sejarah operasi khusus Mossad, dan momen penting dalam kebangkitan Hamas.

Film ini terdiri dari dua bagian , wawancara eksklusif dengan Meshaal serta dengan Danny Yatom, mantan kepala Intelijen Mossad, yang mendalangi upaya untuk membunuh pemimpin Hamas, dan yang kemudian melarikan diri ke Yordania sambil membawa penawar racun yang menyelamatkan hidup Meshaal itu.

Bagian kedua dari film ini menunjukkan peristiwa setelah upaya pembunuhan yang gagal, termasuk behind-the-scenes dan diskusi selama perjuangan diplomatik yang melibatkan Jordan, Israel dan Amerika Serikat.

Pensiunan Mayor Jenderal Ali Syukri, adalah Sekretaris dari kantor Raja Jordania Hussein pada tahun 1997, memainkan peran kunci dalam mengelola krisis yang terjadi menyusul serangan Israel pada Meshaal.

“Raja Hussein disebut Presiden Clinton telah memberitahukan apa yang telah terjadi , Clinton mendengarkan dengan takjub . Dia tidak bisa percaya bahwa bisa terjadi di Yordania . Pada akhir percakapan Clinton marah dan berkata:…”! Orang itu tidak mungkin “, mengacu pada Netanyahu.

“Raja Hussein memberitahu Clinton tuntutannya -. Berikan Penawar dari racun digunakan untuk Meshaal . Dia mengatakan kepada Clinton,  perjanjian damai antara Yordania dan Israel akan berakhir jika Meshaal mati.”

Pada saat yang sama, Danny Yatom,  kepala Mossad, segera melakukan perjalanan ke Amman untuk bertemu Raja Hussein, yang dilaporkan Raja Hussein sangat marah dengan Yatom.

Dengan ketegangan berjalan tinggi, Raja Hussein memerintahkan pasukan keamanan untuk mengelilingi kedutaan besar Israel di Amman, di mana anggota lain dari kelompok pembunuh Mossad yang diyakini bersembunyi disana.

Sementara dokter di rumah sakit Hussein Medical City sedang berjuang untuk mendiagnosa Meshaal, yang sudah terbaring dalam keadaan koma.

Setelah konsultasi ahli dokter menyimpulkan bahwa sejumlah besar obat telah diberikan kepada Meshaal. Pengujian menunjukkan itu adalah racu tersebut mirip dengan morfin, yang jika diberikan dalam dosis tinggi, akan memiliki efek melumpuhkan sistem pernapasan tubuh.

Pada tanggal 27 September 1997, Meshaal keluar dari koma, muncul kembali dari kematian.

Kill Him Silently (Bunuh Dia diam-diam) adalah sebuah cerita di balik operasi Mossad yang  ceroboh untuk membunuh Meshaal dan ini menaikkan kelompok Hamas Palestina menaiki  kekuasaan di gaza. (eramuslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar