Selasa, 25 Desember 2012

USKUP AGUNG PALESTINA SEBUT PENDUDUKAN ISRAEL PENYEBAB PENDERITAAN



 
Bethlehem, 13 Safar 1434/26 Desember 2012 (ZIONIS GO TO HELL) – Uskup Agung Palestina dari Gereja Katolik Roma, Fouad Twal mengatakan dalam khotbah Natal di Gereja Nativity di Bethlehem bahwa pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza menyebabkan penderitaan berat bagi rakyat Palestina.


Tahun 2005 Paus Benediktus XVI menamainya Uskup Agung Pembantu Yerusalem. Twal menggantikan Michel Sabbah sebagai Patriark Latin Yerusalem pada 21 Juni 2008.

"Kami hidup di bawah  kondisi yang sangat sulit karena adanya pendudukan Israel yang  tak berujung," katanya dalam khotbah yang dia berikan dalam bahasa Arab pada misa tengah malam yang dihadiri oleh Presiden Mahmoud Abbas, Menteri Luar Negeri Yordania Nasser Judeh dan sejumlah pejabat Palestina, diplomat asing internasional dan tamu lokal.

"Pendudukan mengontrol tanah kami, makanan kami dan menyita dunia kami, air dan udara," katan Twal yang juga menjabat Presiden Majelis Ordinaris Katolik di Tanah Suci.

Pria yang mulai ditasbih menjadi imam pada 29 Juni 1966 itu mengatakan, "Natal adalah sebuah kesempatan untuk perayaan, bahkan pada saat banyak dari Anda menderita karena satu atau alasan lain. Ribuan pemuda cemas menunggu di penjara untuk mendapatkan kembali kebebasan mereka. Keluarga dipisahkan dan menunggu izin perjalanan untuk hidup atau berkumpul di bawah atap yang sama. Anda terus menderita karena pendudukan yang tak berujung."

Twal mengekspresikan simpati terhadap rakyat Gaza yang baru saja keluar dari sebuah serangan  delapan hari militer Israel yang menewaskan lebih dari 180 orang, ratusan orang lain terluka dan menyebabkan rumah-rumah dan infrastruktur rusak berat.

"Doa kami mencakup semua keluarga Arab dan Yahudi yang tersentuh oleh konflik.
Semoga Tuhan memberi mereka kesabaran, kenyamanan, penghiburan dan masyarakat serta orang-orang di seluruh dunia menawarkan bantuan dan dukungan. "

Twal menyerukan perdamaian dan rekonsiliasi di wilayah Palestina.

"Kami, umat dari agama-agama monoteistik berada dalam kesepakatan bahwa perpecahan antara laki-laki adalah pekerjaan setan, sedangkan rekonsiliasi adalah pekerjaan Tuhan," katanya.

Twal mengekspresikan simpati terhadap rakyat Suriah yang menderita perang saudara dan juga untuk negara-negara Timur Tengah lainnya.

"Mari kita berdoa dengan sungguh-sungguh untuk saudara-saudara kita di Suriah yang sekarat tanpa ampun. Marilah kita berdoa bagi orang-orang Mesir yang berjuang untuk kesepakatan nasional, kebebasan dan kesetaraan. Marilah kita berdoa untuk persatuan dan rekonsiliasi di Lebanon, di Irak, di Sudan, di negara-negara lain di kawasan dan seluruh dunia. Marilah kita berdoa bagi stabilitas dan kemakmuran di Yordania, "katanya.

Kepada Abbas dan Raja Jordania Abdullah, Twal meminta mereka "untuk terus berjuang untuk hanya menyebabkan untuk mencapai perdamaian dan keamanan bagi masyarakat di Tanah Suci."

"Kau, Pak Presiden, dengan Yang Mulia Raja Abdullah II, telah berada di garis depan dari orang-orang yang bekerja dan terus bekerja  tanpa kekerasan dengan perdamaian dan keadilan. Semoga Tuhan memberkati dan melindungi Anda. Kami menghargai usaha Anda dan posisi Anda yang berani dan telah diambil di tingkat regional dan internasional, "katanya.

Berbicara dengan Abbas, Twal mengatakan, "Usaha Anda telah membuahkan hasil dalam pengakuan Palestina sebagai negara pengamat non-anggota oleh PBB. Pengakuan ini harus menentukan langkah menuju perdamaian dan keamanan bagi semua. Hanya keadilan dan perdamaian di Tanah Suci dapat membangun kembali keseimbangan dan stabilitas di kawasan dan di dunia. " (Abu Dzakir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar