Kamis, 06 Desember 2012

CHOMSKY: DUNIA KUCILKAN AMERIKA-ISRAEL


Chomsky: Dunia Kucilkan Amerika-Israel
Warga Palestina merayakan pengakuan negara Palestina oleh PBB di Ramallah,Ahad (2/12). (AP/Majdi Mohammed)

WASHINGTON  (PERANG DUNIA XXX) - Cendikiawan Amerika, Naom Chomsky, mengatakan Amerika Serikat dan Israel saat ini masuk dalam fase isolasi dunia. Kedua negara itu menghadapi negara seluruh dunia selama dalam voting di PBB yang memberikan status negara pemantau nonanggota bagi Palestina. Chomsky menyatakan hal tersebut saat menyampaikan penilaiannya terhadap hasil masa depan bagi peningkatan status Palestina di PBB menjadi negara pemantau nonanggota.

Chomsky menegaskan Amerika berusaha meyakinkan Palestina untuk menggagalkan tuntutannya memperoleh status baru itu. Namun, AS gagal menyakinkan Palestina.

''Karena itu, kini Amerika dalam isolasi dunia,'' sebut Chomsky seperti dikutip Infopalestina.

Tapi, Chomsky mengisyaratkan bahwa Mahkamah Pidana Internasional (Criminal Court) tidak mungkin akan berani mengganggu langkah Amerika. Karena itu, ia yakin Palestina masih akan menjadi bulan-bulanan bagi politik permusuhan Israel meski statusnya di PBB sudah meningkat.

''Tidak banyak hal berubah dengan status Palestina sekarang. Meski, banyak harapan akan perubahan,'' katanya. “Amerika secara resmi dan terang-terangan masih mendukung Israel sehingga menebarkan instabilitas di kawasan.''
Redaktur: Didi Purwadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar